Minggu, 05 Juni 2016

Tas Sebagai Penunjang Penampilan Dan Perkembangannya

Tas sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan mode dan faashion .Banyak orang yang gemar berpakaian sesuai mode ,selalu meyertakan tas dalam penampilannya .Sebenernya banyak jenis/model tas yang kita kenal saat ini berasal dari tas tangan (handbag) yang sering digunakan orang-orang zaman dulu .Namun tas baru terkenal setelah Perang Dunia II ,dimana saat itu banyak iklan di majala-majalh untuk memperkenalkan tas dengan berbagai model dan gaya .Dengan adanya iklan tersebut tas menjadi populer dan banyak orang yang menggemarinya .

Tas berarti kemasan atau wadah berbentuk persegi dan sebagainya ,biasanya dipakai untuk menyimpan ,menaruh atau membawa sesuatu .


Tas sebagai penunjang penampilan awal mulanya berawal dari zaman pra sejarah dimana tas zaman itu terbuat dari kulit dan kayu seagai bahan dasarnya .Tas yang terbuat dari kulit digunakan untuk membawa bahan makanan .Sedangkan yang terbuat dari kayu digunakan untuk membawa batu atau kayu potong .

Tas Sebagai Penunjang Penampilan Dan Perkembangannya

Perkembangan tas dimulai dari abad 14 bahan tas sudah terbuat dari bahan kain ,vynil dan kulit sintetis .Di China ,ketika Dinasti Tang bahan tas terbuat dari kertas .Ini digunakan untuk membungkus bahan-bahan atau obat yang berbentuk serbuk dan bubuk .Pada masa ini rata-rata tas memiliki tali yang panjang serta digntungkan pada korset .Kaun perempuan pada abad itu menyukai gaya tali yang disebut "tasques".


Di Mesir orang-orang memaki tas pinggang kemanapun mereka pergi.Sulaman dan perhiasan yang ada pada tas tersebut menunjukkan status sosial mereka ,karena makin sulit tas tersebut dibuat maka makin tinggi statusnya .

Pada abad ke 15 muncul inovasi bernama The Seal Bag ,yakni tas yang paling terkenal dan populer pada masa itu .

Pada abad ke 16 handbag dibuat untuk keperluan sehari-hari dan pada saat itu terbuat dari kulit dengan tambahan kancing pengikat di bagian atasnya .

Abad 17 perkembangan tas  lebih bervariasi ,model yang terkenal pada masa ini tas kecil yang dibawa diberbagai kesempatan .Dan para wanita membuat sulaman tas yang sangat cantik dan unuk ,biasanya khusus untuk pernikahan mereka .

Tas Sebagai Penunjang Penampilan Dan Perkembangannya

Pada abad 18 tas tangan lebih berkembang bukan hanya sebagai pembawa barang tetapi juga menyimpan accesories kecantikan bagi para wanita .Tas mulai mengalami perkembangan yang signifikan dan menjadi item fashion pelengkap tren busana .Pada abad ini juga ditemukan koper yang digunakan untuk bepergian .
Tas Sebagai Penunjang Penampilan Dan Perkembangannya

Pada abad 19 merupakan cikal bakal dan inspirasi untuk tas yang akhirnya populer dikalangan wanita .Tahun 1920 menunjukkan revolusi tas dalam dunia fashion ,dimana penggunaan tas tidak harus sesuai dengan pakaian yang dipakai .Pada zaman ini juga mukai dibuat tas militer untuk perang .Tahun 50 an mulai muncul tas legenda seperti Hermes ,Chanel ,dan Louis Vuitton .

Mulai tahun 1960 an sampai sekarang desain yang ditampilkan lebih banyak pilihan dan semakin kesini tas semakin menampilkan desain anak muda .Pemakaian bahan dasar tas juga mengalami perubahan .Bahan tas yang lebih kuat dijadikan jaminan agar tas lebih awet .

Perkembangan tas yang semakin baik membuat banyak kalangan menilai jika peminat tas terutama wanita tidak akan ada matinya .Dan perkembangan desain yang baik akan mempengaruhi harga jual dan tentunya keinginan orang untuk memiliki tas bukan hanya sebagai kebutuhan tetapi sebagai koleksi .
Tas Sebagai Penunjang Penampilan Dan Perkembangannya



1 komentar: