Selasa, 07 Juni 2016

Pindang Ikan Patin Santapan Untuk Sahur

Indonesia yang kaya akan hasil baharinya memiliki banyak sekali resep masakan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya .Salah satu ikan yang sangat enak untuk dijadikan bahan dasar masakan adalah ikan patin .Ikan patin memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan dagingnya tebal .

Bulan Ramadan ini merupakan bulan yang penuh berkah dan bulan masak istimewa .Istimewa juga tidak harus mahal dan selalu makan di resto bukan .Masakan rumahan memang tidak ada duanya dan selalu bikin kangen .Banyak sekali resep masakan yang dibuat untuk ikan patin salah satunya Pindang ikan patin .Salah satu masakan asal Sumatera Selatan ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan untuk menurunkan kadar kolesterol serta penyakit jantung koroner .Cukup sehat bukan untuk disajikan sebagai hidangan sahur keluarga .
Jika penasaran langsung saja yuukk intip langkah-langkah membuat nya .

Pindang Ikan Patin Santapan Untuk Sahur 

Bahan :


  1. 1 ekor ikan patin ( potong-potong )
  2. 500 ml air bersih
  3. 4 cm lengkuas .memarkan
  4. 1 batang serai ,memarkan
  5. 3 batang daun kemangi
  6. 2 batang daun bawang (potong-potong )
  7. 1 lembar daun salam
  8. 1 sdm air asam jawa
  9. 3 buah tomat hijau (potong-potong )
  10. 3 sdm gula pasir
  11. 1 sdt garam
Bumbu yang dihaluskan :


  1. 5 siung bawang putih
  2. 3 siung bawang merah
  3. 1 ruas kunyit
  4. 2 buah cabai merah
  5. 1/4 tomat merah
  6. 1/2 ruas jahe


Cara Membuat :

Siapkan wajan rebus 500 ml air kemudian masukkan semua bumbu yang dihaluskan .Setelah setengah matang masukkan lengkuas ,serai ,daun salam ,air asam jawa lalu masak sampai mendidih .Setelah mendidih masukkan potonganikan patin lalu rebus kembali hingga matang .Selanjutnya masukkan tomat hijau , daun bawang dan daun kemangi ,garam ,gula ,didihkan sebentar dan jangan lupa koreksi rasa . Angkat dan pindang ikan patin siap disajikan .

Masakan asal Palembang ini sangat khas aroma dan dan bumbu rempahnya .Pindang ikan patin sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat bersama nasi putih .

Selamat mencoba dan selamat berpuasa .

1 komentar: