Selasa, 07 Juni 2016

Marhaban yaa Ramadhan ,memasuki bulan Ramadhan tentunya para mommy sibuk menyiapkan makanan untuk menu buka dan menu sahur dan tidak ketinggalan untuk takjil .Sebelum menyantap hidangan berat biasanya selalu diawali dengan kudapan atau makanan ringan , tentunya berupa makanan yang manis ,segar dan bikinnya gak pakek lama .

Si Ijo Lumut Untuk Takjil

Puding ,hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus atau dipanggang .Istilah lainnya dipakai untuk berbagai jenis pie berisi lemak hewan ,daging atau buah-buahan yang dipanggang .
Puding juga gampang dibuat dengan bahan yang sederhana selain itu puding juga bikin perut kita adem pass banget buat takjil setelah seharian berpuasa .Kita akan membuat puding ya mom Si ijo lumut untuk takjil puding yang lagi ngehits se sosmed .

Bahan :

  1. Agar-agar putih 2 bungkus
  2. Gula pasir 350 gr
  3. Santan kental segar 250 ml ( 1 butir kelapa )
  4. Air 1250 ml
  5. Jus pandan 200 ml (pandan di blender dengan air 200 ml saring dan peras airnya)
  6. Garam 1/2 sdt
  7. Telur 3 butir ( kocok lepas )
Cara Membuat :

Kocok telur dengan garpu kemudian masukkan semua bahan dan kocokkan telur ke dalam panci ,aduk rata .Nyalakan api masak dengan api sedang dan diaduk terus secara perlahan agar tidak gosong .Setelah mendidih kecilkan api ,biarkan mendidih sebentar karena akan terbentuk lumut dengan sendirinya .Matikan api ,kemudian tuang ke dalam cetakan ,biarkan dingin dan masukkan ke dalam lemari es .Siap di sajikan untuk takjil .

Sekedar info saja ya Mom .
  • Puding ini tidak bau amis telur karena tertutup aroma pandan
  • Sebaiknya gunakan daun pandan dengan jumlah yang banyak agar warna hijaunya lebih pekat
  • Pandan di blender dengan air putih dan di saring (gapake ampas)
  • Sebaiknya menggunakan santan asli (no instan) agar aroma santannya lebih wangi 
  • Atasnya bisa bening karena sewaktu mendidih akan terbentuk lumut dengan sendirinya dan akan terjadi pemisahan antara cairan bening dan santan dan tetap harus diaduk perlahan
  • Kalau gagal di coba terus ya mom jangan putus asa ^_^

1 komentar: